Untuk Apa Saja SHU Koperasi ?

Fungsi SHU

Saat mendengar kata koperasi mungkin dipikiran masyarakat yaitu simpan dan pinjam , berbeda lagi dipikiran anggota , yaitu mendapatkan keuntungan , atau biasa disebut dengan Sisa Hasil Usaha (SHU) , sebelum membahas kegunaan SHU kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu SHU ?

SHU ada dua , yaitu SHU bagian anggota dan SHU bagian koperasi,

SHU bagian anggota adalah uang yang akan akan diperoleh kembali oleh anggota, jika nggota menyetorkan modal dan melakukan transaksi dengan koperasinya

SHU bagian koperasi adalah kelebihan yang diperoleh dari hasil efisiensi biaya yang dilakukan koperasi atas pelayanannya kepada anggota, secara teknis, SHU adalah total pendapatn dikurangi total biaya.

Nah , sekarang kita akan membahas SHU bagian koperasi , untuk apa saja SHU itu ?, SHU koperasi biasanya digunakan untuk :

1. Dana Cadangan

Dana cadangan digunakan untuk memperkuat struktur modal koperasi

2. Dana Pendidikan

Dana pendidikan digunakan untuk membiayai program pendidikan bagi anggota, pengurus, pengawas, manajer, dan karyawan koperasi, dana pendidikan bukan hanya dari SHU, tetapi dianggarkan dalam Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Koperasi (RAPBK)

3. Dana Pengurus, Pengawas, Manajer, dan Karyawan

Dana ini dapat dijadikan sebagai perangsang bagi pengurus, pengawas, manajer dan karyawan. Artinya, agar mereka lebih giat, efisien, dan professional dalam bekerja, tetap setia melayani anggota.

4. Dana Anggota

Dana yang dibagikan kepada anggota dihitung sebanding dengan besarnya partisipasi modal dan transaksi masing-masing anggota.

Redaktur

Perkenalkan saya Koordinator Redaktur Kopma Media. Jika ada pertanyaan dan saran mengenai website ini silahkan hubungi saya melalui kontak dibawah.

Read Previous

Apa Sih Koperasi Itu?

Read Next

Dimana Koperasi Yang Berdiri Pertama Kali di Indonesia ?